Surabaya Entrepreneur Club, Kiblat Pengusah Muda Surabaya

Surabaya Entrepreneur Club, Kiblat Entrepreneur Muda Surabaya

Dunia bisnis merupakan dunia yang sarat masalah, pengetahuan dan pengalaman yang tidak akan ada habisnya dan terus berkembang. Hal inilah yang mendasari munculnya komunitas-komunitas bisnis di berbagai daerah. Salah satunya adalah Surabaya Entrepreneur Club (SEC).

Cikal bakal SEC sebenarnya tidak lepas dari kehadiran Entrepreneur University (EU) yang didirikan oleh Purdie E. Chandra. Di tempat ini, para peserta dimentori langsung oleh berbagai praktisi bisnis. Sekian waktu berinteraksi bersama dalam EU membuat hubungan antara peserta EU angkatan 2002 kian erat. Hal ini mengilhami mereka untuk membuat sebuah forum pebisnis yang dinamai Surabaya Entrepreneur Club.

Menurut Muji Harmanto selaku Ketua Harian SEC, pendirian perkumpulan ini didasari oleh pola pikir bahwa berwirausaha itu keputusan yang mulia.

Tahun-tahun Awal SEC

Komunitas SEC tidak pernah sepi dari cobaan. Pada tahun awal berdirinya, para anggotanya tampak sibuk dengan urusan masing-masing, sehingga sulit untuk menghadiri pertemuan yang telah dijadwalkan. Akhirnya, komunitas pun vakum sampai sekitar tiga tahun.

Namun, bukan wiraswastawan namanya jika tidak bisa bangkit setelah mengalami cobaan.

Pada Februari 2007, para anggota SEC berkumpul kembali. Bahkan tidak hanya alumni EU yang datang. “Jumlah anggota SEC bahkan pernah mencapai 400 orang pada periode Maret-Juni 2007,” tutur Muji yang juga pemilik PT Qualita Mugi Abadi.

Kendati demikian, pada medio Agustus SEC, mengalami penurunan jumlah anggota hingga 50%. Menurut peraih penghargaan The Indonesian Small and Medium Business Entrepreneurs Award (ISMBEA) ini, penyebabnya adalah sistem keanggotaan di SEC yang tidak mengikat.

“Orang tidak bisa dan tidak suka dipaksa-paksa. Begitu juga dengan kami di SEC. Jadi, kami memang menerapkan sistem keanggotaan terbuka. Siapapun boleh ikut tanpa harus membedakan dia dari ras mana atau agama apa. Yang paling penting, keikutsertaannya bergabung harus dari keinginan sendiri, tanpa paksaan,” tegasnya.

SEC: Penyebar Virus Kewirausahaan

SEC berharap, suatu saat nanti Jawa Timur—khususnya Surabaya—dapat menjadi kiblat bisnis nasional. “Surabaya, kan, kota dagang. Jika saat ini Jatim dikenal sebagai kiblat sepak bola dan musik, mengapa kita tidak sekalian menjadi kiblat para pebisnis tanah air? Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyebarkan virus-virus kewirausahaan melalui SEC,” tutur Muji.

Konkretnya, setiap perbincangan yang didapat melalui forum-forum SEC harus digetoktularkan kepada orang lain. Dengan begitu, diharapkan orang yang tertular virus entrepreneurship dapat langsung terjun ke dunia bisnis.

Namun, Muji juga mengakui bahwa Surabaya masih kalah jauh dari Jakarta. Sekarang, orang melihat kiblat bisnis di Indonesia adalah Jakarta. Orang berani berinvestasi di sana.

Menurut pengusaha bidang trading, agensi, dan ekspedisi ini, SEC adalah komunitas yang mewadahi para pengusaha muda Surabaya atau mereka yang ingin terjun ke dunia wirausaha. Sumbangsih nyatanya, SEC memberikan suntikan-suntikan motivasi berwirausaha, menunjukkan bagaimana cara mengembangkan sebuah usaha, dan tentu saja peluang untuk berjejaring dengan sesama pengusaha.

Kegiatan-kegiatan SEC

SEC yang digawangi oleh Samsul Hidayat (pebisnis muda Surabaya) ini memiliki forum rutin setiap Jumat di Restoran Madura Reng-Oneng, Jl. Nginden 85A. Di rumah makan makanan-makanan Madura milik Riano Dwi Permana yang juga salah satu anggota ini, SEC selalu mengetengahkan persoalan-persoalan faktual dalam dunia bisnis. Ajang tukar pikiran dan pengalaman ini terkadang membuat para anggotanya lupa waktu. Bahkan sering, acaranya baru selesai menjelang tengah malam.

Ke depannya, SEC mencoba mengukur tidak hanya kuantitas anggota, tetapi juga kualitas. Caranya, dengan memberikan kuesioner pada saat pertama kali mereka masuk, yaitu tentang apa yang mereka inginkan dan ingin menjadi apa mereka ke depannya. Dari sana, bisa diukur apa saja keberhasilan dan kegagalan masing-masing anggota. Proses evaluasi akan dilakukan setiap semester.

SEC juga akan mengklasifikasikan bidang usaha para anggotanya, seperti food and beverage, IT, selular, jasa profesional, dan sebagainya. Tujuannya, supaya ajang berbagi ilmu dan peluang dari para pebisnis itu menjadi kian efektif.

Di SEC, para anggota harus mendapat tambahan pengetahuan dan pengalaman dari sesama pengusaha yang menggeluti bidang serupa. Namun, bukan berarti para pengusaha di satu bidang itu tidak boleh berbagi di luar bidang usahanya. “Sifatnya fleksibel aja,” pungkas Muji.

BAGIKAN HALAMAN INI DI

133 thoughts on “Surabaya Entrepreneur Club, Kiblat Pengusah Muda Surabaya”

  1. Kami bisa menyediakan fasilitas Ruangan di gedung TEC (Tunjungan Electronic Centre) secara free untuk komunitas SEC — Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Bapak Tony Praduka (082131603535)
    Thanks

    Reply
  2. Saya tulnya pengin membuka usaha, tp masih ragu membuka jenis usaha apa, klo boleh aku mau nggabung dan di mana tempatnya, biar aku bisa dapat gambaran dan ilmu serta jenis usaha apa yg nanti aku lakukan, thank’s

    Reply
  3. Slamat malem buat para usahawan dan usahawati. Saya gilang dari bangkalan dan saya sgt apresiasi sekali dg adanya forum ini.dn saya sgt ingin bergabung dan sharing pengalaman dalam forum ini. Dimohon bantuanya untuk infonya. Agar saya dapat bergabung dan bekerjasama nantinya bersama member lainnya.

    Reply
  4. Mo ikutan, gimana caranya? please sending ke email saya atau telepon 081358484623
    saya punya usaha di pengadaan dan jasa electrical dan electronic equipment untuk marine/boat dan industry

    Reply
  5. INFO SEMINAR SALES AND MARKETING

    Hai Friends,,,
    Ikuti seminar penjualan yang paling ditunggu Tahun ini, Dahsyat dan Spektakuler Bagi sales, marketer, dan pelaku usaha dengan Tema:
    “WOW Formula, How To Get MONEY Through Sales”
    Dalam seminar ini akan dikupas secara tuntas dan disampaikan secara dahsyat bagaimana menciptakan uang dalam setiap penjualan yang sangat menguntungkan. Serta mengajarkan untuk semakin lihai dan terampil untuk menggali uang yang didambakan dari hasil penjualan.
    Disampaikan langsung oleh Mr. Agus Suoth seorang professional senior dan sangat berpengalaman dalam dunia sales dengan strategi yang handal, serta ahli dalam mendongkrak performance (performance booster)

    Diadakan pada:
    Minggu, 20 April 2014 Pukul 09.00-13.00 WIB
    Multi Function Room
    Level 1 Floor
    BG Junction Mall
    Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

    Investasi
    Umum: Rp. 200.000 per person
    Special Offer: Rp. 1.500.000 kolektif 10 orang (berlaku kelipatan)

    Seat terdepan diberikan bagi pendaftar yg lebih dulu. Maka segera daftarkan perusahaan atau diri anda!!!

    Reply
  6. Saya Venny USIA 18 tahun, Sudan mempunyai usaha dan punya toko busana Wanita dan pria melayani grosir dan ecer. Saya ingin bergabung dengan komunitas SEC agar dap at menambah limulus dan pengetahuan mengenai bisnis. Mohon infonya vennyamalia93@yahoo.co.id 081330717371 / 276E3DF2. Thnkz

    Reply

Leave a Comment

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Don't do that, please!