Surabaya Entrepreneur Club, Kiblat Entrepreneur Muda Surabaya

Dunia bisnis merupakan dunia yang sarat masalah, pengetahuan dan pengalaman yang tidak akan ada habisnya dan terus berkembang. Hal inilah yang mendasari munculnya komunitas-komunitas bisnis di berbagai daerah. Salah satunya adalah SEC (Surabaya Entrepreneur Club).

Cikal bakal SEC sebenarnya tidak lepas dari kehadiran Entrepreneur University (EU) yang didirikan oleh Purdie E. Chandra. Di tempat ini, para pesertanya dibimbing langsung oleh berbagai praktisi bisnis sebagai mentornya. Sekian waktu berinteraksi bersama dalam EU membuat hubungan antar peserta EU angkatan 2002 kian erat dan mengilhami mereka untuk membuat sebuah forum pebisnis yang dinamai Surabaya Entrepreneur Club.

Menurut Muji Harmanto selaku Ketua Harian SEC, pendirian perkumpulan ini didasari oleh mindset bahwa berwirausaha adalah mulia. Tapi bukan berarti SEC tidak sepi dari cobaan. Pada tahun awal berdirinya, komunitas ini sudah dipusingkan dengan para anggotanya yang sibuk dengan urusan masing-masing sehingga sulit untuk menghadiri pertemuan yang telah dijadwalkan. Akhirnya, komunitas ini pun divakumkan hingga tiga tahun.

Namun bukan wiraswastawan namanya kalau tidak bisa bangkit. Pada Februari 2007, para anggota SEC berkumpul kembali. Bahkan tidak hanya alumni EU yang datang. “Jumlah anggota SEC bahkan pernah mencapai 400 orang pada periode Maret – Juni 2007,” tutur Muji yang pemilik dari PT. Qualita Mugi Abadi dan pernah meraih penghargaan ISMBEA (The Indonesian Small and Medium Business Entrepreneurs Award) ini.

Kendati demikian, pada medio Agustus SEC mengalami penurunan jumlah anggota sampai 50%. Menurutnya, hal ini disebabkan karena sistem keanggotaan di SEC memang tidak mengikat. “Orang tidak bisa dan tidak suka dipaksa-paksa,” lanjutnya. “Begitu juga dengan kami di SEC. Jadi, kami memang menerapkan sistem keanggotaan terbuka. Siapapun boleh ikut tanpa harus membedakan dia dari ras mana atau agama apa. Yang paling penting adalah keikutsertaannya bergabung harus dari keinginan sendiri, tanpa paksaan.”

SEC berharap, suatu saat nanti Jawa Timur—khususnya Surabaya—dapat menjadi kiblat bisnis nasional. “Surabaya kan kota dagang. Jika saat ini Jatim dikenal sebagai kiblat sepakbola dan telah melahirkan berbagai musisi papan atas, mengapa kita tidak bisa menjadi kiblat para pebisnis tanah air? Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyebarkan virus-virus entrepreneurship lewat SEC.”

Konkritnya, setiap perbincangan yang didapat melalui forum-forum SEC harus digetoktularkan ke orang lain. Dengan begitu diharapkan orang yang telah ditulari virus entrpreneurship dapat langsung terjun ke dunia entrepreneur. Namun Muji juga mengakui bahwa Surabaya masih kalah dengan Jakarta. Sekarang, orang melihat kiblat bisnis di Indonesia adalah Jakarta. Orang berani berinvestasi di sana, setiap pengeluaran uang di Jakarta dihitung sebagai sebuah investasi.

Menurut pengusaha bidang trading, agensi dan ekspedisi ini, SEC bukanlah organisasi atau lembaga seperti yang kita kenal. SEC tak lebih hanya sebuah komunitas atau forum yang mewadahi para entrepreneur muda Surabaya, juga mereka yang ingin terjun ke dunia wirausaha. SEC berusaha memberi suntikan motivasi berwirausaha, sekaligus menunjukkan bagaimana cara mengembangkan sebuah usaha menjadi mantap.

SEC yang digawangi oleh Samsul Hidayat (pebisnis muda Surabaya) ini juga memiliki forum rutin setiap hari Jumat di Restoran Madura Reng-Oneng, Jl. Nginden 85A. Di rumah makan milik Riano Dwi Permana yang juga salah satu anggota ini, SEC selalu mengetengahkan persoalan faktual dalam dunia bisnis. Proses tukar pikiran dan pengalaman yang sangat bermanfaat ini membuat para anggotanya lupa waktu. Bahkan tak jarang, acaranya baru selesai menjelang tengah malam.

Ke depannya, SEC akan mengukur tidak hanya kuantitas anggota, tapi juga kualitas. Ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner pada saat pertama kali mereka masuk, yaitu tentang apa yang mereka inginkan dan ingin menjadi apa mereka ke depan.

Dari sana bisa diukur apa saja yang telah dicapai dan apa saja kegagalan yang dihadapi. Proses evaluasi ini akan dilakukan setiap semester. SEC juga akan mengklasifikasikan bidang usaha para anggotanya, seperti food and beverage, IT, selular, jasa, dsb. Tujuannya supaya sharing pengetahuan para pebisnis itu kian efektif.

Di SEC para anggota diharapkan akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman dari sesama pengusaha yang menggeluti bidang serupa. Tapi menurut Muji, bukan berarti para pengusaha di satu bidang itu tidak boleh sharing lintas bidang. “Sifatnya fleksibel aja,” pungkas Muji.

133 Replies to “Surabaya Entrepreneur Club, Kiblat Entrepreneur Muda Surabaya”

  1. dyan amaliah

    Assalamualaikum,.
    Salam untuk semua anggota nya 🙂
    Forum untuk ngumpul dan menambah ilmu disini biasanya ngumpul nya dimana ya
    Saya seorang karyawan dan juga menjalankan bisnis online
    Mohon info nya karena pengen nambah teman dan nambah ilmu

    Reply
  2. ahmeec arief

    Salam kenal to ket dan anggota sec. Q ahmeed lg pengembangan meja kursi kreatif dan ramah lingkungan dari kaleng bekaas pingin gabung bisa d infokan via sms 085730543122 thaks

    Reply
  3. Andri

    Numpang..bagi- bagi peluang
    Di cari reseller atau agen kaos muslim anak merk aleena.keuntungan di atas 70%,
    Syarat mudah.wilayah surabaya ongkir gratis.pembayaran stelah barang datang.
    Pin. 79B28243 telp.081515616675.tanks

    Reply
  4. sultan

    salam hangat
    bagi para pengusaha yang kesulitan dalam merawat tanaman di pekarangan rumah anda bisa menghubungi saya di
    081232341119,,sultan..bagi anda yang berada di surabaya,sidoarjo gresik dan sekitarnya..
    terima kasih

    Reply
  5. pradana

    Apakah anda merasa perlu untuk selalu berada disuatu tmpat?
    Apakah Anda ingin selalu dapat mengawasi kegiatan di kantor atau rumah anda tanpa kehadiran anda?
    Jika demikian, tak perlu bingung lagi..
    Karena sekarang anda dapat melakukannya hanya dengan satu genggaman !
    Memperkenalkan!
    Cctv DVR Calion
    Kwalitas jempolan, harga terjangkau!
    Dilengkapi fitur:
    – Motion detection
    – Audio Record
    – VGA, RCA, HDMI output
    – online preview
    – no need DDNS
    – tak perlu biaya mahal dengan memasang dan
    membayar paket internet speedy bulanan. Karena
    cctv calion sudah dilengkapi fitur plug n play
    modem USB GSM / CDMA
    – dapat diakses dengan sempurna dan mudah melalui Smartphone iphone dan Android
    Sehingga memungkinkan anda untuk mengakses lokasi ditempat yg anda inginkan dengan cepat dan mudah!
    Segera hub. Kami
    http://www.cvbukitmas.com
    Mobile: 0852.3124.2788
    BBM : 76270C74
    Head Office: Jl. Jetis Kulon I No. 57
    Surabaya
    Dan rasakan dunia digenggaman anda!

    Reply
  6. pipin

    saya remaja umur 16 thn dr Madura ingin bergabung di komunitas SEC ini gmn caranya? Saya ingin menambah ilmu tentang bisnis dan ingin memulai bisnis di usia muda..mohon infonya thx..

    Reply
  7. wardi

    0812-3182-7066
    7F48BD18 tolong info cara gabungnya

    saya xtki sudh sering ikut progam2 seminar tapi q butuh mentor saya dari madura bangkalan sudh mnjalani bisnis di luar negri tapi down karna waktu kerj gk memungkinkan q ingin berbisnis di negri sendiri q ingin indonesia banyak lapangn pekerjaan
    tolong cara gabung gmn

    Reply
  8. iponk niyazi

    salam sejahtera saya iponk niyazi pemilik pabrik kerupuk khas Sidoarjo UD Rolisa. kami ingin menawarkan peluang bisnis bagi rekan-rekan yang ingin menjadi agen kami. pemasaran kalimantan, manado, bali, padang, aceh, jakarta, area jawa timur, dll. berminat bisa call atau sms 08563462877. salam

    Reply
  9. rifan

    Bukber yukkk guys !!!!! =-D
    Ada tempat enak nih!!!!
    bisa makan SEPUASNYAAA !!!!!
    Ada western, chinese food, indonesian food!!
    Takjil juga banyak,, salad ada, jajanan passaar jawa juga ada,, mau dessert cake juga,,, semua SEPUAS PUASNYA sampe kenyaaang,,
    ONLY @99rb NET looo !!!!!!
    Yuk yuk !! Bukber sama keluarga, Sahabat, Pacar, Rekan kerja.
    Lokasi : Rock n Sugar Coffe n Bistro – LUMINOR Hotel Jemursari Surabaya, Jalan Jemursari No. 206-208

    Reply
  10. akbar

    mohon info, untuk sharing mengenai bisnis, dimana Basecamp atau tempatnya,,, butuh motivasi & inovasi untuk bisnis sy.
    trimkasih.

    Reply
  11. Elly

    Saya seorg ibu rmh tangga juga wiraswasta berlokasi di surabaya, bagaimana cara mendptkan info ttg kegiatan SEC?terima kasih

    Reply
  12. Bellyn Course

    BELLYN COURSE SURABAYA

    KURSUS PRIVAT, Guru datang ke rumah / Kantor :
    1. Bahasa Inggris
    2. Bahasa Mandarin
    3. Ms. Office
    4. Shadow Teacher
    5. Mata Pelajaran untuk Nasional & International school
    6. Gitar
    7. Microsoft office

    WA : 0896 5579 8517
    BB : 5A2F6AE4
    Phone : 0857 3144 2919

    Reply
  13. geovani

    maaf untuk semuanya, saya orang ntt kuliah d unesa, apakah saya boleh bergabung? bagaimana cara bergabungnya?
    apakah ada persyaratan tertentu?
    terimakasih..

    Reply
  14. Heri susanto

    Salam sukses buat orang orang yg selalu bersemangat menginformasikan bila ada yang membutuhkan pemasangan pintu automatis dengan menggunakan remote kontrol silahkan menghubungi kami PROTECHSI berpengalaman bidang pintu otomatis atau ada yg mau jadi marketing kami fee 5 % dari kontrak. Hub. 081232940776/08885133997 pin BB 7c01e51d

    Reply
  15. Eleos Theofilus Gandawidjaja

    Program *GRATIS*
    Khusus untuk yang berusia 18 – 35 tahun
    Mau belajar tentang?
    Pengenalan Diri, Komunikasi,
    Kepemimpinan, Perencanaan Keuangan Pribadi, Pengenalan Dunia Usaha, dkk
    Atau
    Belajar ttg Mitos dan Fakta Pengusaha, Menggali Ide Bisnis, Pengembangan Bisnis dkk
    Dengan kegiatan didalam kelas bukan ceramah satu arah, tapi banyak game, Diskusi, Presentasi, Aktifitas menarik lainnya.
    Diadakan oleh *EQWiP HUBS*
    adalah program kerjasama *Canada World Youth dan Youth Challenge International* yang di *Danai* oleh pemerintah *Kanada*
    Aktif di 6 negara : *Indonesia, Bolivia, Peru, Tanzania, Senegal dan Ghana*
    Program ini GRATIS di SURABAYA dengan kurang lebih 3 – 6 bulan program. Dibuka jika TELAH terkumpul 25 orang
    Beberapa testimoni peserta
    Nama : Nafisah
    Status : Wiraswasta
    Usia : 23th
    Dari awal sudah excited sekali dengan pelatihan tentang softskill. Nggak pakai mikir langsung menghubungi CP.
    Dan ternyata setelah dijalani benar-benar asyik sekali. Selain bertemu dengan banyak sekali teman yang berlatar belakang berbeda, di pelatihan ini semuanya tidak sungkan untuk men-sharing kan pengalaman dan ilmu nya kepada yg lain, sehingga ilmu yg didapat benar-benar luas, tdk hanya dr trainer, melainkan jg di dapat dari peserta yg lain..
    Nama : Zainul
    Status : Freelance
    Usia : 29
    Saya merasa senang dg program yg diadakan di EQWIP karena programnya santai, menghibur dan fun. Tetapi kontennya sangat padat & bermanfaat. Selain itu di EQWIP juga bisa menjalin networking bahkan dg orang luar negeri. Saya merasa dg kegiatan2 yg positif dari EQWIP bisa menjadikan para pemuda di Surabaya menjadi maju
    Nama : Hanif
    Status : Mahasiswa
    Usia : 23
    Hai haiii… Namaku hanif hardian, usia 23 tahun, dan hobbyku desain.. awalnya tau eqwip nih iseng stalking instagramnya kebunsayur surabaya, nah disitu ada postingan pelatihan untuk anak muda kayak kamuuu heheheuu.. Yang bikin semangat itu karena pelatihannya free loh, keren kan eqwip ? .. Aku sendiri jadi member eqwip #CiieeeMember dari bulan september 2016 sampe sekarang.. Eqwip ini mengajarkan kita untuk lebih open mind, mengembangkan potensi diri kita generasi muda untuk kedepan yang lebih baik dan yang pasti tambah relasi bisa kenal temen” baru yang hebat dan gokil.. buat kamu kamuuu yang ngrasa jiwa anak muda bangeettsss kayak aku hahahaii, cocok nih ikutan gabung di Eqwip ? Propel The World Forward, terima kasih..
    Semoga semakin banyak generasi muda yg merasakan manfaat dari Eqwib Hubs 🙂 ”
    Daftar dengan SMS atau WA ke 0813 1089 1992
    Format = Nama, Tanggal Lahir, Alamat, Pendidikan Terakhir
    Dan hadiri previewnya tanggal *8 Januari 2017* (18.30-21.30)
    Program keren dan tentunya *GRATIS* ini di dukung oleh kebunsayursurabaya dan ET RESOURCES 🙂
    http://eqwiphubs.org/

    Reply
  16. Sholihul Anwar

    Barangkali pruhaan tmn” lgi nabung atau investasi kami dari PT. Equityworld siap membantu kalian para pengusaha muda untuk mendapat keuntungan
    WA: 082257392368
    Trimakasi

    Reply
  17. Muhammad Rizal S.Pd

    Pusat konveksi termurah dan berkualitas
    memproduksi berbagai kebutuhan:
    1. jas almamater
    2. jas laboratorium
    3. seragam kerja
    4.seragam kombinasi
    5. seragam satpam
    6. celana kerja
    dan masih banyak lainnya.
    barang kali temen” mau membangun usaha bersama.. membuat lapangan kerja baru.
    bisa hub: tlp/sms/wa : 083 857 290 174
    BBM: D72CC163

    Reply
  18. Yuliana

    Haloo semua yg binggung punya acara pingin adain gathering, seminar, workshop atau kompetisi bahkan reuni bisa. Hubungi saya yuliana. Kami bisa bantu untuk sediakan tempat untuk acara kalian. 08975522880 watsap. Terima kasih

    Reply
  19. tya rahayaan

    hai teman komunitas SEC saya ingin memberikan talk show gratis tentang pilihan kontrasepsi buat wanita pengusaha muda yang tergabung di SEC bolehkan saya minta kontak personnya
    wa saya 087787773636 tya EO lookcomm evenor perkasa (cek Ig #lookcommevent2017)

    thanks

    tya

    Reply
  20. syadana juni ariyanti

    assalammualaikum,
    salam kenal untuk pemula yang berkeinginan berwirausaha apa juga diperkenankan gabung?
    mohon infonya
    terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.