Memimpikan Database Terpadu Pertanian Jatim dengan Agrobis Information Center (AIC)

By: Ihsan Maulana

Kebutuhan akan informasi tak hanya dirasakan oleh mereka yang hidup dan mencari kerja di perkotaan, tapi juga oleh mereka yang di desa dan menggantungkan hidup dari hasil pertanian. Merujuk pada hal itulah, rencananya akan dibuka sebuah pusat sistem agrobis berbasiskan internet (Agrobis Information Center).

Dan jika tak ada perubahan, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Prof. Dr. Muhammad Nuh, DEA. sendiri yang akan meresmikannya pada perhelatan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) II yang akan berlangsung di Lamongan, pada 29 April nanti.

Tentang hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, di sela-sela rapat koordinasi (Rakor) sistem informasi agrobis dengan dinas terkait di lingkungan Pemprov Jatim, mengatakan, pasar informasi agrobis elektronik merupakan sistem baru yang diharapkan bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat, khususnya petani dan konsumen pertanian. Dengan demikian, masyarakat petani Jawa Timur bisa terbantu secara signifikan.

Dengan sistem pasar agrobis elektronik, diharapkan keterbukaan informasi publik dapat terbuka secara luas, sehingga para petani di Jatim bisa memperoleh akses pasar yang luas, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Harapan lainnya, jalur mata rantai perdagangan dapat diperpendek. Sehingga, para petani dapat langsung menjangkau konsumennya tanpa harus terikat dengan tengkulak ataupun calo seperti yang sudah-sudah.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Jawa Timur Suwantoro, Msi., mengatakan, “Launching sistem pasar agrobis elektronik pada pekan KIM II sangatlah tepat. Karena saat itu kita akan ada banyak Kelompok Informasi Masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Timur. Sehingga dari sana diharapkan, KIM-KIM tadi dapat menyebarkannya ke daerah asal mereka.

Ir. Cipto Budiono, Kepala Disperindag Jatim juga mendukung hal ini. Menurut pria yang dipanggil Pak Cip ini, selayaknya dari sistem informasi agrobis elektronik dapat dimulai dari yang hal-hal yang kecil. Dari yang kecil ini, jika ditangani dengan sungguh-sungguh dan propfesional, akan menjadi besar,” ujarnya mantap.

Tujuan dibuatnya Agrobis Information Center (AIC) menurut tim inisiasi e-commerce Agrobis Center, adalah untuk menyampaikan perkembangan berita agrobis ke berbagai daerah Jawa Timur. Di sana rencananya akan dikemukakan produk-produk unggulan agrobis milik para petani Jawa Timur. Akan ada pula presentasi metode dan teknologi agrobis yang dapat menunjang peningkatan kualitas hasil produksi para petani.

Di sisi lain, diharapkan terbangun database yang terpadu yang berisikan data produk unggulan agrobis, potensi perkembangan komoditas, hingga perkembangan pasar agrobis.

Rencana pemerintah Jawa Timur ini tentu patut disyukuri. Namun yang perlu diingat, sistem informasi yang handal tak berarti apa-apa jika tanpa menyiapkan kemampuan akses para petani terhadap internet.

One Reply to “Memimpikan Database Terpadu Pertanian Jatim dengan Agrobis Information Center (AIC)”

  1. Migroplus

    SALAM SUKSES SELALU

    kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, Perkebunan, peternakan, tanaman hias, ikan ihas, pengkomposan dll menawarkan pupuk hayati/organik dengan merk “MIG”(Pengembangan dari SMS AGROBOST) untuk bapak/ibu, besar harapan kami untuk sekiranya bapak/ibu mau bergabung… dan mensejahterakan petani bersama kami

    Latar Belakang

    Penggunaan pupuk kimia (anorganik) dalam jangka panjang akan dapat berpengaruh terhadap struktur tanah yang selanjutnya dapat mengurangi kesuburan dan produksi tanaman. Pemupukan anorganik terus menerus akan menyebabkan pengurasan unsur mikro, penurunan produktivitas dan masalah hama penyakit tanaman. Pada kondisi kejenuhan pupuk kimia dan ditambah aplikasi pemakaian pestisida yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan jasad renik , antara lain menekan perkembangan mikroba yang berguna. Permintaan produk-produk pertanian yang aman dikonsumsi semakin meningkat dari tahun ke tahun sejalan dengan meningkatnya pendapatan serta pengetahuan masyarakat akan pentingnya nilai gizi nabati. Oleh karena itu salah satu peneliti utama negara kita tercinta Dr. Lukman Gunarto telah melakukan research yang lama untuk menemukan kombinasi mikroba-mikroba ( AGPI Teknologi ) yang efektif dan berguna mengembalikan kesuburan tanah di Indonesia. Dengan teknologi AGPI generasi ke empat (4G) ini yang dikombinasi dengan teknologi produksi MiG Corp. beliau berharap pupuk hayati produk MiG corp akan semakin effektif dan efisien penggunaan pupuk anorganik yang digunakan (mengurangi beban subsidi pupuk kimia) serta mendapatkan hasil yang optimal dan sehat dikonsumsi. Dan beliau juga berharap dengan harga produk yang wajar, petani dapat meningkat kesejahteraannya seiring meningkatnya permintaan produk-produk pertanian secara global, yang lebih penting lagi produk kami ini dapat turut serta mendukung program pemerintah saat ini yaitu Ketahanan Pangan Nasional

    Visi MIG Corp

    Melalui produk-produk MiG Corp, kami berharap pertanian, perikanan dan peternakan di negara Indonesia tercinta menjadi lebih produktif, efisien dan hasil produknya sehat dikonsumsi.

    Dengan teknologi produksi yang kami kembangkan ini masyarakat petani, petambak dan peternak mampu meningkatkan kesejahteraan dirinya.

    Misi MiG Corp.

    * Dengan diserapnya produk-produk kami di masyarakat pertanian, pertambakan dan peternakan akan menjadikan negara Indonesia tercinta menjadi negara agraris terkemuka di Dunia.
    * Dengan harga yang wajar, sarana produksi menjadi lebih efisien.
    * Optimalnya hasil produksi, akan meningkatkan pendapatan.
    * Hasil produksi yang sehat dan aman dikonsumsi masyarakat.
    * Turut serta mensukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional.

    Salam kami,MIG Corp JATIM

    M.syahid 031-3959773 / 087852053777
    ym:migroplus@yahoo.com
    GTalk:msyahid@gmail.com

    english version : http://www.migrow.com
    http://www.migroplus.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.