Independent Film Surabaya (Infis), Komunitas untuk Penyuka Film Indie

Komunitas Independent Film Surabaya alias Infis berdiri sejak 2000. Penggagasnya adalah I.G.A.K. Satrya Wibawa, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Sebagai insan komunitas film, Infis banyak dihuni oleh sineas (indie) muda, terutama mereka yang kuliah di Surabaya. “Namanya saja komunitas film indie Surabaya,” seloroh Renzy, mahasiswi Fakultas Kedokteran Unair yang didaulat sebagai PR Infis.

Ada peristiwa lucu saat Warung Fiksi mencoba menonton sebuah film indie koleksi Infis. Di layar, tampak seorang pemuda terdiam, menerawang dengan tatapan kosong. Lalu, terlihat orang tua yang juga duduk-duduk di ayunan. Sepertinya, sebuah film filosofis kelas festival. Saat mata sedang memelototi layar dan otak mencoba mencerna pesan-pesan yang tersirat maupun tersurat, tiba-tiba film selesai. Kontan, Warung Fiksi kaget, “Lo, kok, sudah tamat?”

Semua orang pun tertawa mendengar celetukan spontan itu.

Film Indie dan Pesonanya

Memang di jagat film indie, banyak alur film yang tidak pernah kita duga. Tidak seperti film-film arus utama yang hampir bisa ditebak arah ending-nya. Itulah menariknya film indie.

Terdapat 220 film indie yang dimiliki Infis sejak tahun 2004. “Untuk film indie di atas tahun itu, belum kami hitung berapa,” tutur Novita N., mahasiswi Ilmu Komunikasi yang dibabtis memegang Bagian Data di Infis.

Film-film indie yang mereka miliki terutama dibuat oleh para sineas Surabaya yang tersebar di kampus-kampus. Beberapa lainnya, juga dari sineas indie berbagai daerah, bahkan mancanegara seperti Amerika dan Prancis. “Merekalah yang mengirimkan film produksinya sendiri,” aku Renzy.

Kegiatan-kegiatan Infis

Apa yang dilakukan Infis selama ini? “Gathering, itu pasti,” jawab spontan cewek asli Kediri ini. “Tapi sebenarnya kami di Infis lebih konsen ke distribusi dan eksebisi film-film pendek.”

Sejak berdiri, sampai tulisan ini tayang di Warung Fiksi, Infis tercatat baru mengadakan dua festival, yaitu pada 2005 dan 2007.

Infis pun mengaku masih merasa kesulitan dalam mencari sponsor buat festival yang mereka adakan. “Sponsor mensyaratkan kami harus pernah mengadakan festival lima kali,” keluh Renzy.

Kendati demikian, Infis sudah berhasil meyakinkan berbagai pihak untuk menyukseskan acaranya. Mulai dari mal hingga media sudah mempercayai proposal mereka. Sebab, selain mengadakan festival, Infis sudah melakukan berbagai roadshow film-film indie ke berbagai daerah.

“Itu kami lakukan di sela-sela festival. Jika festivalnya diadakan tahun 2005, maka pada tahun 2006 kami roadshow. Bila tahun 2007 kemarin kami sudah mengadakan festival, ya tahun ini kami adakan roadshow.”

Rencana Infis ke Depan

Hingga saat ini, Infis baru beranggotakan seratusan orang. Namun, jaringannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka sudah biasa diundang oleh komunitas-komunitas serupa dari daerah lain, seperti Bambu dan Komfiden (Jakarta). Juga, undangan dari luar negeri.

Infis tentu boleh berbangga. Apalagi dalam festival film indie yang mereka helat pada 2007 silam, sineas asal Surabaya yang notabene anggota Infis sukses menyabet juara di tiga kategori dari ketujuh kategori yang dikompetisikan. Sisanya direbut oleh sineas Jakarta, Purbalingga, dan Amerika.

Ah, coba kalau Infis secara rutin juga membuat film sendiri. Apalagi feature. Pasti lebih keren!

BAGIKAN HALAMAN INI DI

67 thoughts on “Independent Film Surabaya (Infis), Komunitas untuk Penyuka Film Indie”

  1. NmQ Irsan
    Q nak SMA kls 2, pgn bget gabung ama INFIS……..
    gimana caranya ya???
    pa ada syarat2 khususx???
    Q jg udah bikin 1 skenario. koq br at?? maklum, Q br knal ma yg nmx indie movie…..
    mohon blsannya!

    Reply
  2. waw..
    maap leh gabung?
    saya baru buat film tapi ada yang g setuju dengan film kami dengan alasan memuat pornografi, bersentuhan tangan n pacaran (hwaaaaaaa) ..
    kami butuh tempat untuk menayangkannya..
    film genre komedi education……
    kami butuh tempat untuk ekspresi….

    Reply
  3. Buat Irsan dan Ary, silakan hubungi Novita. Nomornya ada di komen #2.

    Buat Sop, udah tahu Warung Fiksi? 😛 Coba deh ke sana. Mrk ada rencana memajang film2 pendek jg di situsnya (baru rencana sih). Idealisme-mu berfilm boleh jg, tp pasti dpt tantangan keras dari jaman. Siap nggak?

    Reply
  4. alhamdulilah ada yang seperjuangan untuk bikin film indie.

    aku pingin coba bikin film indie, karena kemaren-kemaren konsen di film dokumenter, tapi ya cuma amatiran n nikmatin sendiri.

    pengen baget bisa konsul ato berbagi pengalaman…

    adakah forumnya yang bisa di akses melalui dunia maya untuk diskusi tentang film indie atau dokumenter.

    mohon perhatiannya yah.

    bisa kirim masukan ke email aku. di
    mustofa_s2@yahoo.co.id

    thaks

    Reply
  5. kalau ada yang punya koleksi film indie yang dibuat oleh anak2 sekolah… saya mau dunk!! buat saya pertontonkan kepada siswa-siswi saya di sekolah kami! supaya mereka termotivasi juga!

    kebetulan saya adalah guru di salah satu SMK swasta di bogor..

    e-mail: akhmad_prayitno@yahoo.co.id

    Reply
  6. temen-temen infis
    ehmm…

    salam sinema, film suroboyo nya asyik
    salam untuk si ikin
    spirit lokal yang aduhai,,,
    idenya simple tapi menggigit, pesannya nya pun efektif

    gini mas kita temen2 MM Kine UMY laghe pengen bikin screning dan apresiasi film, dan kita pengen muterin filmnya suroboyo
    kira2 gimana yah proses nya,,,

    makasih

    Reply
  7. salam moviemaker

    kami dari Wakref UIR ni di pekanbaru komunitas film , boleh ga kami putarkan film -film yang pernah teman-teman buat di kampus kami?

    wasalam

    oia komfirmasi ya ke

    wakref_uir@yahoo.com/cine_theholig@yahoo.com

    Reply
  8. Moshi2…gmn neh caranya gabung di komunitas Infies?markasnya dimana kalo surabaya?aQ suka bgt bikin script..pingin deh bisa bikin film dewe.

    Reply
  9. kirim film temen-temen idie po o… nanti diliput keprogram di BISKOP 48 AREK TV Surabaya… HUB. 085645469846 (satrio jati waskito). beneran loh.. kita mau buat program penayangan karya film-film indie arek -arek surabaya raya. Beneran loh brooo…… hem-hem.

    – Surabaya, 28 oktober 2008
    – satrio jati waskito

    Reply
  10. BUAT FILM INDIE REKAN-REKAN YANG MAU DI TAYANGKAN DI AREK TV ALAMATNYA JL MAYJEN SUNGKONO 194-151 (RUKO RICH PALACE) BLOK C NOMOR 7. TELP. 031 56348484 or hub no 085645469846 (satrio) . temenan iki rek…… hehehehehehe…..

    terus berkarya ya temen-temen

    -surabaya 28 oktober 2008

    Reply
  11. mas/mbak… q anak kelas 3..

    gmana caranya spy bs ikutan infies ya ??

    ku pgn bgt dapet ilmu ttg film indie..

    truz klo ada event biasanya dimana pengumumannya ??

    selain anggota boleh ikt ga ??

    Reply
  12. mau tanya, klo lgsg dateng ke unair di bagian mana ya ??
    qt lagi dalam tahap pembuatan film..
    tp ga tau indie apa bukan..
    mau konsultasi2 gt..

    thx..

    Reply
  13. salam kreatif

    aq juga peminat,penikmat film indie. masalae q jauh dari komunitas yang bener-bener eksis di duniaq…(MADURA booo…) n baru ketemu ama Warung fiksi. bagus juga tuh…q jg udah 2x bikin film indie..tapi ya masih garing gitu. makanya q minta teman-teman nanti bisa tukar ide. q ngundang teman2 buat bikin film tentang LEGENDA MADURA. selama ini kan jarang…
    thx…

    Reply
  14. Salam kenal kawan, saya sekarang sedang belajar membuat film indie bersama kelompok teater saya di Kota Reyog (Ponorogo).
    saat ini, kami butuh bimbingan. bantu kami ya….
    salam kenal dari Topeng Ponorogo

    Reply
  15. wah akhirnyah nemu jugha komunitas yang suka bikin pilm indie di surabaya… pingin belajar n ngerti seluk beluk indie movie.. keturutan bikin film sendiri alhamdulillah banget… kebetulan quh udah ketrima di uner nih… jadi boleh gabung khan??? pliiiss blajar niiihhh…

    Reply
  16. Kami sedang mencari radio online dan film-film indie untuk disertakan dalam website kami (www.inabay.com). Jika kiranya INFIS tertarik untuk menyediakan film-film indie untuk website kami tersebut, mohon hubungi kami di hari[at]inabay.com atau tata[at]inabay.com. Kami sangat mengharapkan jawabannya. Terima kasih.

    Reply
  17. Salam indie film,
    Buat komuniti /infis khususnya surabaya,aq tertarik dgn komunitas anda@ skalian,saya bermaksud mau support PAPAN NAMA KOMUNITAS kalian tp saya g tau base came kalian…..
    TOLONG DONK KIRIMIN K EMAIL SAYA
    THANKS………

    Reply
  18. salam kenal para indie movie ..kabar gembira akan dilaksanakan lomba festifal film sejawa dan bali bagi anak SMA dan mahasiswa ..workshop dilaksanakan bulan januari 2012 dan lombanya juni 2012 .. hadiah dan bintang tamu berkelas ..
    email me bila tertarik infonya alvin_de.chipmunk@yahoo.co.id

    Reply
  19. mas jujur q masih penasaran ma kom infis yang ada disby.q anaknya juga suka buat2 dilm indie,tp q mau nyoba ikut gabung kok g tau caranya ya.q punya beberapa film indie buatan sendiri ma temen2 mahasiswa. q dari IAIN SURABAYA.tolong balas ya mas q punya temen diasana nmay fendik konghucu

    Reply
  20. mas apabila da info ttg festival indie sby or nasional tlng q dikabari ya…..mari kita berkarya bareng ya mas……..

    Reply
  21. Permisi…. Saya, rendy, Agu Setiawan dan Jason Decman, mengikuti GOODDAY MOVIE COMPETITION… DUKUNG dengan cara:
    1. Buka Youtube
    2. Buka link ini:http://www.youtube.com/watch?v=tJvoAeIt3Kc
    3. Silahkan di lihat dan di komen
    3. Kalo belum punya akun bisa daftar account yutub
    4. Kalau menurut anda bagus, Plis di like…

    Terima kasih buat perhatiannya…. ^^

    Reply
  22. Hei guy’s.. Universitas Kristen Petra Surbaya menyelenggarakan lomba, seminar dan workshop about film ne..

    Suka dalam bidang PERFILMAN?
    Tapi takut buat SHOW it all?
    Pengen bikin sesuatu yang MERUBAH hidup kalian?
    Pengen bikin INDONESIA BANGGA sama PERFILMANnya?

    Ada guest star utk seminar : RIRI RIZA (Sutradara Laskar Pelangi dan merupakan sutradara nmr 1 di INDONESIA) dan AYU SULISTIYOWATI (Penulis skenario)

    PENDAFTARAN UDA DIBUKA MULAI HARI INI! DON’T MISS IT!

    For more information, please contact us @ :
    website : http://www.tactic.web.id
    twitter : @TACTIC_2012

    Contact person :
    Surya – 085641316551
    Kezia – 085641780708

    Kami tunggu partisipasi kalian semua!

    Reply
  23. mas-mas dan mbak-mbak mau nanya, apa infis mau ngadain acara kira” antara bulan oktober-november ??
    kalo boleh minta contactnya mas/mbak (apa masih mb novita cpnya)?
    terima kasih banyak
    maju terus infis surabaya

    Reply

Leave a Comment

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No right-click, please!