Publishing Solutions


Anda. Memiliki naskah. Namun terus ditolak penerbit-penerbit mayor. Ingin segera melihat naskah itu terbit dan dibaca publik, tetapi dengan kualitas layaknya buku-buku terbitan mayor.


Warung Fiksi. Berpengalaman di bidang penulisan, penyuntingan, dan pembuatan buku. Siap mengantar naskah Anda, dalam bentuk terbaiknya, ke pembaca yang tepat di dunia maya. Terbit tanpa ribet. Tanpa lama. Tanpa khawatir dibajak orang.


Jasa Penerbitan Digital dan Cetak Warung FiksiWarung Fiksi menawarkan jasa penerbitan buku digital atau e-book berbahasa Indonesia. Siapa pun, di belahan bumi mana pun, selama memiliki ponsel Android, dapat membeli dan membacanya.

Buku Anda nantinya kami edit hingga layak terbit, desainkan kover, layout, programkan hingga menjadi e-book yang nyaman dibaca di gadget, beri International Standart Book Number (ISBN), dan distribusikan secara digital melalui jaringan Google dan Kompas. Akan ada royalti juga buat Anda.

Biaya paket standar jasa ini hanya Rp5.000.000. Murah meriah, bukan? Namun ada syaratnya:

  1. Naskah berupa fiksi atau nonfiksi yang tidak mempromosikan atheisme, homoseksualisme, kebencian, perjudian, alkohol, narkoba, rokok, pornografi, atau hal-hal yang melawan hukum.
  2. Naskah sudah jadi utuh. Editor Warung Fiksi berhak menyunting naskah Anda tanpa mengubah isi.
  3. Naskah maksimal terdiri dari 30.000 kata. Lebih dari itu, ada biaya tambahan. Terlepas dari kemampuan Anda untuk membayar lebih (kami tidak pernah meragukan itu), tetap disarankan untuk buku digital agar tidak terlalu tebal.
  4. Sistem seleksi kami tidak seketat penerbit mayor, tetapi mohon dipahami bahwa ada kemungkinan naskah Anda kami tolak. Kami akan menolak naskah yang masih terlalu mentah, terlalu berantakan, atau melanggar syarat #1.
  5. Anda memberikan hak penerbitan eksklusif kepada Warung Fiksi, meskipun Warung Fiksi hanyalah penerbit indie. Konsekuensinya, Anda tidak diperkenankan menerbitkan naskah ini sendiri atau dengan bantuan pihak lain, selama kontrak berlangsung (tiga tahun).
  6. Distribusi buku akan dilakukan melalui Google Play Store dan Scoop Indonesia.
  7. Jika buku Anda memiliki harga/bandrol, royalti yang akan Anda terima selaku penulis adalah 25% dari harga jual saat itu. Sebagai gambaran, jika harganya Rp10.000, Anda akan mendapat Rp2.500 per penjualan. Namun saat ada promosi/diskon, misalnya jadi Rp6.000, royalti Anda juga turun menjadi Rp1.500 per penjualan. Jumlahnya tetap 25%. Akan ada laporan via email per bulan selama masa kontrak belum berakhir. Anda sendiri yang akan menentukan harga buku tersebut.
  8. Royalti akan dibayarkan setiap tanggal 2, bila jumlahnya sudah Rp50.000 atau lebih. Jika belum mencapai angka minimal itu, royalti akan kami tangguhkan hingga terakumulasi menjadi Rp50.000.
  9. Jika bukunya gratis, tidak akan ada royalti. Namun tetap, laporan berapa yang mengunduh buku itu akan kami emailkan tiap bulan selama kontrak masih berlangsung.

Menerbitkan Buku secara Digital melalui Warung Fiksi

Biaya investasi untuk paket jasa penerbitan digital Warung Fiksi adalah Rp5.000.000. Separuhnya (50%) dibayar di muka, dan sisanya setelah e-book tayang di Play Store dan Scoop.

Apa yang membedakannya dengan jasa sejenis? Apa yang akan Anda dapatkan di Warung Fiksi?

  1. Editor profesional. Editor ini bukan hanya menangani ejaan dan salah ketik di naskah Anda, melainkan juga fakta, logika, kejelasan, dan kelancaran penyampaiannya.
  2. Desain sampul atau kover. Desainer akan memberi dua alternatif desain sampul, Anda tinggal memilih salah satunya.
  3. Layout isi yang simpel, ringan, rapi, dan nyaman dipandang. Di media digital, desain yang rumit dan berat sebaiknya dihindari, supaya e-book lancar diakses oleh gadget pembaca.
  4. Pemrograman .epub. File ini digunakan supaya teks dapat menyesuaikan layar ponsel/tablet pembaca dan antarhalaman dapat terkonek oleh hyperlinks, sehingga pembaca tinggal klik sekali untuk menuju halaman tertentu.
  5. ISBN dan barcode. Kami akan menguruskan nomor buku internasional ini, sehingga eksistensi nama Anda sebagai pengarang serta karya Anda diakui oleh dunia.
  6. Blurb. Sinopsis atau deskripsi singkat ini akan membuat calon pembeli penasaran dengan isinya.
  7. Hak cipta. Sebenarnya, hak cipta naskah ini selamanya milik Anda, baik selama kontrak maupun setelah kontrak berakhir. Namun, kami akan lebih menekankannya di halaman tertentu dan melindunginya. Itulah mengapa kami memilih Google dan Scoop sebagai jalur penjualan. Mereka memiliki teknologi Digital Rights Management (DRM) untuk mengamankan karya klien-kliennya dari pembajakan dan pengopian secara ilegal.
  8. Files naskah. Setelah tiga tahun, kami akan mengirimi Anda naskah dalam bentuk .rtf (teredit), .pdf (ter-layout), dan .epub (terprogram).
  9. Program pemasaran. Kami akan membantu penjualan buku Anda dengan: mendaftarkannya di GoodReads (komunitas pembaca terbesar di dunia), Google Books (buku Anda akan “abadi” di jagat internet begitu masuk ke dalam database ini), menulis rilis pers untuk media, dan artikel-artikel di situs-situs web serta media sosial jaringan Warung Fiksi.
  10. Royalti 25%. Tanpa repot-repot dan mengurusi potongan ini-itu (salah satunya fee untuk Google), jika Anda menentukan harga bandrol dan terjadi penjualan, Anda berhak mendapat 25 persen dari penjualan. Ini jauh lebih besar dari royalti penerbitan konvensional yang hanya 8-15%.

Demikian. Silakan pertimbangkan baik-baik dan putuskan.

Jika Anda tertarik menerbitkan buku digital melalui Warung Fiksi, klik logo Warung Fiksi di bawah ini, lalu isi formulirnya serta unggah file naskah Anda. Pastikan Anda telah login ke akun Google sebelumnya.

Warung Fiksi ®
Tim Warung Fiksi akan mempelajari naskah Anda terlebih dahulu. Jika menurut kami naskah tersebut layak diterbitkan, kami akan segera sampaikan biaya dan detail lainnya.

  • Mau buku Anda ini dicetak juga menjadi buku fisik? Dengan jumlah eksemplar cetakan yang suka-suka Anda? Sangat bisa! Namun sekali lagi, akan ada biaya tambahan.
  • Warung Fiksi juga memiliki tim profesional untuk menangani penerbitan e-book berbahasa Inggris. Namun, biayanya tentu sangat berbeda.

Nah, tunggu apa lagi?
Segera terbitkan buku Anda dengan standar kualitas Warung Fiksi!