On Copywriting

There are a lot of writer’s species in today industry. From serious writer to imaginative writer. From social media manager to ghost writer. From web content writer to journalist.

I am pretty sure, you know that one of those writers is copywriter. This kind of writer is important within any business activity. Who is copywriter, actually? What is a copy? How is copywriting?

A month ago, I presented this PPT at a seminar in Petra Christian University. If you are interested to be a copywriter, I hope this answers your basic questions about copywriting and copywriter. Check it out!

Saya rasa, slide presentasi di atas sudah cukup memberi gambaran apa dan bagaimana kegiatan copywriting itu. Intinya, seorang copywriter alias penulis copy (teks) merangkai kata untuk menjual sesuatu dan/atau membangun citra kliennya. Contoh produk-produk yang memerlukan copywriting adalah iklan, brosur, advetorial, press release, company profile, annual report, dan sebagainya.

Di media online, kita juga mengenal SEO copywriter. Tugas dan produknya hampir sama dengan copywriter biasa. Hanya, seorang SEO copywriter menulis untuk dua segmen: manusia dan search engines.

Semua itu adalah penulisan-penulisan yang berdasarkan data riil. Namun, selalu, diperlukan kelenturan gaya tutur pengarang fiksi untuk menyampaikannya secara komunikatif kepada khalayak yang dimaksud.

Tapi, kalau tujuan utama penulis fiksi adalah menghibur, tujuan utama copywriter adalah menjual dan membangun image. Itu bedanya. Jadi, kita tidak bisa menyamakan job desc semua spesies penulis. Masing-masing punya target dan metodenya sendiri. Pun, jangan pernah punya pemikiran sempit semacam, “Penulis itu kalau nggak wartawan ya sastrawan.” Anggapan itu sudah basi, bahkan sejak 20 tahun yang lalu, Kawan.

Makanya, saya merasa aneh saja mendengar pertanyaan apakah kita bisa hidup dari menulis. Tentu saja bisa. Masalahnya, penulis yang mana apa yang Anda maksud? Kalau bagaimana menjadi copywriter, tentu akan bertahan sepanjang di luar sana masih ada orang berbisnis.

Perusahaan komersial sampai organisasi nonprofit senantiasa membutuhkan (setidaknya) seorang copywriter. Entah itu copywriter profesional, atau seorang karyawan yang kebetulan bisa menulis lalu dipaksakan mengerjakan tugas-tugas copywriting (dengan risiko hasilnya tidak maksimal). Belum lagi kalau kita bicara dunia online. Seorang copywriter takkan kekeringan di ranah online.

One Reply to “On Copywriting”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge