Lomba Menulis Nias Bangkit dot Com (NBC) 2013

Lompat batu, pembuktian kedewasaan seorang lelaki Nias

Lompat batu, pembuktian kedewasaan seorang lelaki Nias. Photo from Nias-bangkit.com

Anda tertantang untuk membuat tulisan yang dilengkapi data otentik? Anda tertarik dengan objek Pulau Nias, Sumatra Utara? Kalau iya, mungkin lomba bertajuk “Menguak Fakta untuk Perubahan” ini cocok untuk Anda! Di sayembara menulis ini, Anda boleh mengulas permasalahan-permasalahan di Nias, seperti lingkungan hidupnya, penyelenggaraan pemerintahannya, proses demokratisasinya, masalah-masalah sosialnya, penegakan hukumnya, sejarah/Nias tempo dulu, dan lain lain.

Aturan Lomba

  1. Judul tulisan tidak boleh sama dengan tema (Menguak Fakta untuk Perubahan).
  2. Tulisan merupakan karya Anda sendiri, bukan plagiat, dan belum pernah dipublikasikan di media atau social media apapun.
  3. Panjang tulisan maksimal 2.700 kata.
  4. Tulisan diketik rapi dengan huruf Times New Roman 12 pt, spasi 1,5, kertas A4, margin atas 3 cm, margin kiri 2 cm, margin kanan 1,5 cm, dan margin bawah 2 cm.
  5. Gunakan bahasa Indonesia EYD. Kata-kata tidak baku, asing dan daerah harap dicetak miring. Pastikan juga tidak ada salah ketik, salah eja, silap huruf, kalimat yang tidak logis, kekeliruan data atau identitas.
  6. Cantumkan nomor halaman di setiap halaman.
  7. Di sudut kanan atas, bubuhkan: Kategori (I, II, III atau IV), Nama Lengkap, Pekerjaan, Alamat, dan nomor ponsel.
  8. Kirim beserta salinan kartu identitas ke email: lomba@nias-bangkit.com dengan subjek: Kategori_Nama Peserta_Judul. Ditunggu sampai 31 Desember 2013!
  9. Peserta mengirimkan karya maksimal dua judul.
  10. Boleh kerja tim. Namun di naskah tulisan, anggota tim juga disebutkan.

Kategori dan Hadiah

  • Kategori I: Wartawan. Pemenang I akan mendapat Hybrid/Tablet ACER Aspire P3, trofi, dan piagam. Pemenang II akan mendapat uang tunai Rp 2.000.000, trofi dan piagam.
  • Kategori II: Pelajar/Mahasiswa. Pemenang I akan mendapat Hybrid/Tablet ACER Aspire P3, trofi, dan piagam. Pemenang II akan mendapat uang tunai Rp 2.000.000, trofi dan piagam.
  • Kategori III: PNS, guru/dosen, polisi/TNI, politisi, karyawan yang tinggal di Pulau Nias. Pemenang I akan mendapat Hybrid/Tablet ACER Aspire P3, trofi, dan piagam. Pemenang II akan mendapat uang tunai Rp 2.000.000, trofi dan piagam.
  • Kategori IV: Umum. Pemenang I akan mendapat Ultrabook Acer ACER Aspire Slim S3, trofi dan piagam. Pemenang II akan mendapat uang tunai Rp 2.000.000, trofi dan piagam.

Selamat berpartisipasi, semoga beruntung. Kunjungi situs resminya: www.nias-bangkit.com.