Ideas to Fill Your Idea Bank

IdeaAs a writer, we know how important is an idea (sorry, I think it’s not only writers). Bad news is, it comes whenever it wants, randomly. Good news is, you can always catch it through a simple tool called idea bank, be a note or a handheld gadget. And these are activities to fill that idea bank:

  1. Reading. Do not just enjoy the read. If you find interesting sentence or the brilliant plot, copy it.
  2. Watching. Same with reading, if you find intriguing dialogue or interesting information in a movie, write it down.
  3. Chat. No need to imagine conversations like political talk show on television. Even chat at a coffee shop could ignite an idea as writing material.
  4. Observing. Only by observing something, even by accident, sometime a unique idea comes up.
  5. Dreaming. One cannot not sleep, and dream. Then, in fact, each person has an unflagging idea source.

* * *

Di otak Anda telah tertanam pipa ide. Jika satu ide tak segera dialirkan, ia akan menyumbat ide-ide lain yang antri di belakangnya. Jadi harus dijaga alirannya, harus dikeluarkan. Tapi, jangan sampai dikeluarkan ke saluran pembuangan.

Yang Anda butuhkan adalah sebuah bank ide. Bentuknya bisa buku kecil yang selalu ada di dekat Anda. Ponsel bisa juga, tapi untuk ide yang berkelebat, menulis pasti lebih cepat daripada mengetik (apalagi di keypad atau touch screen). Setiap kali muncul ide, masukkan ke bank ide. Tidak perlu detail. Tulis saja konsep atau keunikan dari ide itu.

Tiap ide tidak harus menjadi satu tulisan. Bila menulis itu seperti membangun rumah, ide-ide itu adalah pondasi. Anda bisa menyambung-nyambungkan alur pondasi tersebut untuk kemudian dibangun jadi tembok, atap, hingga nanti ditambahkan genteng, keramik, dan dicat.

Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa memenuhi bank ide Anda:

  1. Membaca. Jangan sekadar menikmati bacaan, jika menemukan kalimat menarik atau cara penyampaian yang brilian, salin! Tentu saja nanti kalau mau diaplikasikan ke karya, Anda harus memodifikasinya dulu.
  2. Menonton. Sama dengan membaca, jika menemukan dialog atau informasi yang menggelitik di sebuah film, segera catat! Masukkan bank ide Anda.
  3. Mengobrol. Tidak usah membayangkan obrolan seperti talkshow politik di televisi. Obrolan di warung kopi saja dapat memantik ide sebagai materi tulisan.
  4. Mengamati. Ini lebih pasif lagi. Hanya dengan mengamati sesuatu, bahkan mungkin dengan tidak sengaja, muncul ide-ide unik. Anda pasti pernah mengalaminya beberapa kali.
  5. Bermimpi. Setiap orang pasti tidur, dan bermimpi. Maka sebenarnya tiap orang memiliki sumber ide yang tak kenal surut. Saya sering harus mengorbankan rasa kantuk hanya karena ada ide yang menarik dalam mimpi. Susah payah saya bangun, menyalakan lampu, dan mencatatnya.

Yah, karena ide dalam otak itu mudah menguap, entah karena keterbatasan memori manusia atau tergilas oleh ide lain. Jangan remehkan. Ingat, ide terkadang berlagak seperti pembeli yang sombong: kalau tidak lekas dilayani, ia pergi.

11 Replies to “Ideas to Fill Your Idea Bank”

  1. Aleena

    Setuju sekali. Kita sering kehabisan ide saat berkreasi. Taoi saat ide itu datang disaat santai, kita tidak mau langsung mengambil kertas dan pena untuk ‘menangkapnya’.

    Saya kira ini sama dengan prinsip menabung. Saat tidak ada butuhnya kita meremehkan. Tapi saat sudah ada keperluan baru nyadar, pura – pura heran, ngapain aja selama ini sampai tabungan gue sekarang kosong gini?? Mampus lah.

    Reply
  2. Brahmanto Anindito

    @Fahrizi: Itulah fungsi bank ide. Tiap ada ide, masukkan saja ke bank ide. Sehingga meski ide itu nggak digarap2 (semoga aja nggak seperti itu) pun, tetap ide itu takkan terbuang.

    @Aleena: Mantap!

    Reply
  3. parlina Wi

    warung fiksi….. saya benar-benar suka…
    terkadang saat kehabisan ide saya malah menulis bahwa “saya tidak belum punya ide”. sy rasa itu juga bahan tulisan to.. heheheeh…
    kadang kalo ngerasa kosong saya malah cuma nulsi “kosong”… he..
    salam semuanya…

    Reply
  4. Pingback: Saya Nggak Percaya Institusi Ini, Gimana Dong? | Warung Fiksi ®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge