Garuda Riders: The Adventure of Wanara

Garuda Riders: The Adventure of WanaraCreator: A. R. Wirawan
Author: Brahmanto Anindito & Rie Yanti
Genre: Fantasy Novel
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-9198-8
Thick: 328 pages

Selamat datang di Bumi Varadwipa! Tanah indah tempat ras mannusa (keturunan Sri Rama), asura (keturunan Rahwana) dan wanara (keturunan Anoman) hidup bersama.

Varadwipa mulanya merupakan satu daratan yang luas sekali. Namun bencana alam datang, mengoyak-ngoyaknya menjadi pulau-pulau kecil. Terbentuklah banyak bangsa di pulau-pulau itu. Hingga satu milennium setelah era Ramayana, peradaban hanya mengakui tujuh negara besar: Republik Ayodhya, Kerajaan Alengka, Republik Kiskenda, Republik Wideha, Republik Kamyaka, Republik Dandaka, dan Republik Maliawan.

Di negara-negara tersebut tersimpan harta yang bersahaja berupa elemen-elemen Hasta-brata. Mungkin tidak menarik bagi para pemburu harta karun. Tapi sangat bernilai bagi yang mengerti nilai filosofis dan historisnya.

Map of Varadwipa earthDalam terjemahan bebas, Hasta-brata artinya delapan ajaran utama tentang kepemimpinan. Konsep ini ditularkan Sri Rama kepada adiknya yang saat itu hendak dinobatkan sebagai Raja Ayodhya. Pada dasarnya, Hasta-brata merupakan sifat-sifat mulia yang dipetik dari alam semesta, yaitu elemen Batara Indra (air), Yama (petir), Surya (matahari), Chandra (bulan), Maruta (angin), Bumi (tanah), Baruna (samudra), dan Agni (api).

Elemen-elemen inilah yang dicari oleh Naradja beserta keempat kawannya. Pada awalnya, bocah wanara blasteran mannusa dan asura itu hanya ingin menjadi seorang penunggang garuda (a garuda rider) seperti kakeknya yang legendaris. Keinginan itu begitu kuat, sehingga hati keras sang Ayah luluh juga, dan akhirnya mengizinkan anak tunggalnya bergabung dengan angkatan prataruna di Akademi Kurmapati, sebuah sekolah militer untuk calon prajurit Angkatan Udara Ayodhya.

Namun, pergaulan dan rasa penasaran akhirnya menyeret pemuda 16 tahun itu ke dalam pusaran petualangan di pelosok-pelosok Bumi Varadwipa. Naradja beruntung, keempat prataruna sahabatnya bersedia menemaninya dalam perjalanan yang sangat berbahaya itu. Maka tanpa izin Akademi, tanpa izin orangtua, mereka terbang ke berbagai negara mencari delapan elemen Hasta-brata. Perjalanan mempertaruhkan nyawa yang tak sebanding dengan hasilnya. Sebab, ternyata ini semua hanyalah bagian dari konspirasi rapi yang dirancang oleh pihak tertentu.

Garuda Riders merupakan buku pertama dari trilogi The Adventure of Wanara. Sebuah kisah renyah dan kontemporer yang berbasis dunia pewayangan di periode antara era Ramayana dan era Mahabarata. Sebagai catatan, hikayat yang dikonsep dengan rapi oleh Adhicipta Raharja Wirawan ini telah memenangkan kompetisi Telkom Indigo Venture 2012.

Luar biasanya lagi, selain melalui novel Garuda Riders, Anda juga bisa menikmati cerita Naradja si wanara kera melalui komik digital, game, dan serial animasi. Game The Adventure of Wanara bahkan telah merambah pasar Jepang. Maka tidak berlebihan jika dikatakan, inilah karya-karya bercita rasa internasional yang digarap 100% oleh talenta-talenta Indonesia.