Bukan Manusia

Jenis: Kumpulan cerita
Penulis: Rie Yanti
Format: Buku cetak (kertas HVS di dalam) & e-book
Tebal: 133 halaman
Dimensi: 14,8 cm x 21,0 cm
Berat buku cetak: 0,26 kg
ISBN: 978-1-4583-3558-6
Penerbit: Lulu

Selamat datang di dunia benda “mati”. Mereka hidup! Saat manusia menciptakan benda, saat itulah mereka meniupkan kehidupan padanya. Benda-benda itu kemudian mengarungi petualangan dan takdirnya masing-masing. Kadang menegangkan. Kadang menyedihkan. Tapi juga kadang menyenangkan.

Melalui 10 cerita pendek (yang panjang) ini, pembaca akan diajak mengikuti petualangan-petualangan yang tak pernah dialami oleh benda-benda itu. Petualangan yang bahkan tidak pernah dialami oleh manusia, pencipta mereka sendiri.

Ribut. Di luar ribut. Suara teriakan. Kemarahan. Tiba-tiba, aku melayang di udara. Pluk!

Badanku mengenai mata seorang manusia. Lalu aku terjatuh di atas tanah. Sementara manusia itu tumbang dengan mata ditutup sebelah tangannya. Tangannya yang lain memegang sebilah kayu. Dia membungkuk, lalu sujud. Kuperhatikan dari dekat. Merah. Matanya merah. Mata orang itu berdarah.

Aku merasa bersalah. Dia terluka gara-gara aku. Tapi aku mana tahu akan mengenai matanya. Aku bahkan tak tahu akan melayang deras seperti tadi. Orang itu yang melakukannya. Si pembawa tas itu pelakunya!

Petikan cerpen Batu

Bukan Manusia adalah kumpulan cerpen yang unik. Semua cerpen ditulis oleh Rie Yanti, co-writer novel Satin Merah (diterbitkan GagasMedia, 2010). Dengan imajinasinya yang beda, dia akan mengantarkan Anda ke dunia baru. Dunia benda mati yang saling berkasak-kusuk menggosipkan manusia.

Ini kehidupan yang dulu tidak pernah mereka lihat. Pika dan Piki tidak pernah punya majikan sebelumnya. Mereka seolah lahir ke kaki Anna dan Annalah yang bertanggung jawab atas hidup mereka. Anna memahami betul hal itu, makanya dia merawat sandal jepitnya dengan baik.

Berbeda dengan Siti. Liar. Jorok. Kadang-kadang dia menggunakan Pika atau Piki untuk menjepret kecoak sampai mampus. Belum lagi teman-temannya yang suka bicara kotor dan sepertinya gemar sekali pergi ke penampungan sampah, pinggiran sungai, atau kolong jembatan. Sering berhadapan dengan pria bertato dan beranting yang suka memperlakukan kawan-kawannya dengan buruk.

Petikan cerpen Sandal Jepit Anna

Pembaca belia akan menikmati petualangan-petualangan dan sesekali humor di sini. Sedangkan pembaca “dewasa” akan meresapi metafora-metafora di dalamnya. Selalu ada pesan tersembunyi dalam cerita fantasi ini. Setiap tokoh Bukan Manusia menyimbolkan kelas sosial tertentu dalam masyarakat, plus permasalahan-permasalahan tipikalnya.

Rumah itu sederhana. Tidak memiliki banyak detail. Temboknya dicat putih dan kusennya hitam, sementara atapnya berwarna coklat. Sebuah rumah klasik. Ditambah halamannya baru ditumbuhi sedikit tanaman: pohon belimbing yang tingginya baru 80 senti, dahlia yang umbinya baru bertunas, daun teh-tehan yang masih kanak-kanak.

Sebagai rumah baru, ia tak banyak bicara. Ia tidak menanggapi pertanyaan rumah-rumah lain dengan komentar panjang. Cukup mengatakan “ya” atau “tidak”. Bahkan seringnya ia menanggapi semua obrolan itu hanya dengan senyum.

Aku ingin sekali menyapanya. Sebenarnya, banyak pertanyaan yang ingin aku ajukan. Tapi sifat pendiamnya itu membuatku segan. Bosan juga. Bayangkan, kami berdiri dan saling berhadapan selama berbulan-bulan, tapi tidak pernah berbicara. Tapi pagi ini, aku bertekad mencairkan suasana dan menaklukan sikap dinginnya.

Petikan cerpen Rumah Depan

Bukan Manusia dapat dipesan di Lulu (dalam bentuk buku fisik maupun e-book) dan melalui Warung Fiksi (dalam bentuk e-book). Warung Fiksi tidak menyediakan buku fisiknya.

Jika Anda berdomisili di Indonesia dan tak keberatan membaca e-book, sebaiknya memesan lewat Warung Fiksi. Tapi bila Anda menginginkan buku cetak (berbentuk jilidan perfect-bound) atau posisi Anda di luar Indonesia, order sebaiknya dilakukan melalui Lulu.

Buku Cetak melalui Lulu

  1. Harga USD 9 (belum termasuk biaya shipping).
  2. Pembayaran via kartu kredit atau Paypal.
  3. Pesanan akan sampai sekitar 7 hari kerja (tergantung jauhnya lokasi dari Amerika), di kota manapun di seluruh dunia.
  4. Untuk memesan, klik di sini. Anda harus menjadi anggota Lulu dulu (daftar gratis).
  5. Ikuti instruksi selanjutnya dari Lulu.

E-book (.pdf) melalui Lulu

  1. Harga USD 3.
  2. Pembayaran via kartu kredit atau Paypal.
  3. Setelah pembayaran terkonfirmasi, Anda langsung diberi link download-nya.
  4. Untuk memesan, klik di sini. Anda harus menjadi anggota Lulu dulu (daftar gratis).
  5. Ikuti instruksi selanjutnya dari Lulu.

E-book (.pdf) melalui Warung Fiksi

  1. Harga Rp 31.000.
  2. Pembayaran via transfer bank.
  3. Setelah pembayaran terkonfirmasi, e-book akan ada di inbox email Anda dalam dua hari kerja. Pastikan masih ada 600 KB di inbox Anda.
  4. Untuk memesan, transfer Rp 31.000 ke BCA 518 0056 001 a.n. Brahmanto Anindito. Lalu kirim SMS berisi nama Anda, email, tanggal dan jam transfer ke 08155093515.

Lepaskan sejenak kepenatan dengan manusia. Lalu jelajahi dunia bukan manusia melalui kumpulan cerita ini ….