3 Steps to Write an Amazon Review

Amazon AssociateDid you know, Amazon.com is one of the oldest affiliate programs on internet. Through this program, you are expected to sell any Amazon’s products. Each of sale you made, you’ll get commission. How to do that? One of effective methods is by writing a review for certain product in your own blog. You must prepare a blog with the specific target market, an Amazon product suit your blog posts, and an objective review. Have a try!

* * *

Anda yang lumayan lama berkecimpung di dunia internet marketing pasti tidak asing lagi dengan Amazon Associate atau Amazon Affiliate. Melalui program ini, Anda membantu menjualkan produk-produk Amazon.com. Setiap terjadi penjualan, Anda akan mendapatkan komisi sekitar 4-8% dari harga produk.

Pertanyaan lugunya, bagaimanakah cara menjualkan produk-produk Amazon? Macam-macam cara. Bisa dengan membuka toko online yang difasilitasi Amazon, dengan catatan blog Anda harus iframe support. Bisa juga dengan memasang banner atau widget Amazon di blog Anda. Atau, menuliskan review produk di blog Anda. Nah, yang terakhir ini adalah cara yang, kata para praktisi Amazon Affiliate berjam terbang tinggi, paling efektif.

Ingin mencoba? Berikut tiga langkah dasarnya. Silakan disimak dan dipraktikkan, siapa tahu Anda keranjingan menjadi penulis review Amazon. Entah itu keranjingan karena menyukai proses menulisnya, atau keranjingan karena melihat hasilnya alias transferan komisinya.

(1) Web with Specific Target

Siapkan website atau blog untuk mereview produk. Memakai blog gratisan seperti Blogspot juga tidak masalah, asalkan sudah punya trafik (pembaca) yang konsisten. Lalu tentukan, siapa calon pembeli produk-produk Amazon Anda. Melalui tools seperti Alexa atau Google Analytic, Anda bisa memeriksa, selama ini dari negara mana saja para pembaca blog Anda.

Jika saat ini blog Anda banyak dibaca orang Indonesia, sebaiknya Anda menyasar ke pembeli Indonesia, meski komisinya terancam minim karena sedikit sekali pembeli Amazon dari Indonesia (apalagi setelah akses pembeliannya diblokir Amazon). Bila Anda tetap ngotot ingin membidik konsumen Prancis, saran saya, buatlah blog baru saja. Namun sejak awal perhatikan:

  • Domain & hosting. Sebaiknya pakailah domain dot fr. Begitu pula host-nya, kalau bisa sekalian Prancis. Sebab search engines dan Alexa (platform perankingan buatan Amazon) hampir selalu mengidentifikasi IP address yang sesuai lokasi server Anda.
  • Content. Sesuaikan dengan negara target Anda. Bila Anda berencana berjualan di pasar Prancis, tentu konten di blog Anda pun harus berbahasa Prancis.
  • Link. Perhatikan juga link yang keluar-masuk blog Anda. Usahakan selalu berinteraksi dengan web-web dari negara, bahkan kota, yang Anda targetkan. Begitu pula ketika Anda mempromosikan blog di direktori-direktori. Pilih direktori-direktori milik orang Prancis.

(2) Amazon Products

Misalnya blog Anda bertemakan film, harusnya Anda mereview produk-produk DVD, Blu-Ray, instant video, atau piranti-piranti home entertainment yang ada di Amazon. Pilihlah salah satu produk. Atau 2-3 produk kalau Anda berniat melakukan komparasi dalam review tersebut. Namun umumnya, satu produk, satu review yang fokus dan mendalam.

Masuklah ke Amazon.com, cari kategori yang sesuai keinginan. Saran saya, pertama, pilihlah produk yang berbintang tiga ke atas, karena biasanya itu mencerminkan kualitas produk di mata para konsumen, terutama yang benar-benar sudah membeli (Amazon Verified Purchase). Kedua, pilih yang harganya agak mahal. Rugilah kalau produk yang hanya 20 USD Anda review panjang-lebar. Kalaupun terjadi penjualan, komisi 4% dari 20 dolar itu cuma berapa?

Bagaimanapun, memilih produk yang kemahalan juga bisa menjadi bumerang. Karena harusnya reviewer sudah mencoba sendiri produk itu. Sehingga nanti, selain bisa lancar menuliskan review, Anda juga bisa menanggapi jika ada calon pembeli yang bertanya-tanya di blog Anda. Bayangkan betapa banyak kebohongan yang Anda tuliskan bila mereview alat fitnes senilai 800 USD yang tidak pernah Anda beli.

(3) Objective & Original Review

Deskripsikan produk Amazon tersebut. Ini bagian yang mudah, karena di Amazon sendiri pasti sudah tersedia. Tunjukkan juga keunggulan dan kekurangan produk. Produk yang hanya di-review kelebihan-kelebihannya malah mencurigakan. Review Anda akan dianggap tidak lebih dari sekadar iklan. Ingat, hari-hari belakangan, orang sudah cenderung tidak percaya kata-kata iklan. Maka buatlah review yang berimbang antara sisi positif dan sisi negatif produk.

Meskipun demikian, tetap lebih perbanyaklah sisi-sisi positif produk itu, supaya pembaca tidak malah merasa ini produk gagal dan batal membeli. Beruntunglah, di Amazon.com ada fitur Customer Review pada setiap produk. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai bahan penulisan review. Silakan dikutip, silakan diolah.

Jaga agar review Anda original. Ini penting. Tidak ada yang suka copy-paste, baik search engines maupun calon pembeli produk afiliasi Anda. Jangan lupa lengkapi review Anda dengan 1-3 gambar, juga video jika ada. Hasil akhir review biasanya 1.000-2.000 kata, dengan satu tujuan: meyakinkan pembaca bahwa produk ini layak dibeli!

Nah, begitu saja sebenarnya langkah-langkah untuk menulis review Amazon. Bukan jenis penulisan yang mudah. Tapi cobalah dulu. Selamat menangguk dolar melalui Amazon!

One Reply to “3 Steps to Write an Amazon Review”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge